RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMA Negeri
Kelas / Semester : X
(sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 6 Jam
Pelajaran
Standar Kompetensi
1.
Menerapkan konsep besaran fisika
dan pengukurannya.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengukur besaran fisika ( panjang, massa, dan waktu).
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
- Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
-
Menganalisis besaran dan satuan
dalam fisika.
-
Melakukan analisis dimensi
terhadap besaran-besaran fisika.
-
Membedakan antara besaran pokok
dan besaran turunan.
-
Menerapkan konsep besaran dan
satuan dalam perhitungan fisika.
-
Mendeskripsikan pengukuran dalam
fisika.
-
Melakukan pengukuran secara
langsung terhadap besaran panjang, massa, dan waktu.
-
Melakukan pengukuran terhadap
besaran turunan secara langsung dan tidak langsung.
-
Menganalisis ketidakpastian dalam
suatu proses pengukuran.
-
Mengolah data yang telah
dikumpulkan dari suatu pengukuran.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Pengukuran Panjang, Massa, dan Waktu
C. Metode Pembelajaran
1.
Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
- Ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengukur
besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur: mistar
milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, dan stopwatch secara
berkelompok di sekolah.
|
·
Membuat
daftar (tabel) nama besaran, alat
ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu yang berlaku
di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa, untuk ukuran panjang).
|
·
Siswa
Diskusi Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan
ketelitian dan ketepatan
|
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah panjang tergolong besaran pokok atau
besaran turunan?
- Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang
kita lakukan?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan besaran pokok?
- Apakah yang dimaksud dengan satuan Sistem
Internasional (SI)?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Guru membimbing peserta didik
dalam pembentukan kelompok. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan pengertian besaran.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan pengertian pengukuran.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai pentingnya penggunaan satuan Sistem Internasional (SI)
dalam pengukuran. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa
besaran pokok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan
penjelasan mengenai nilai satuan standar untuk besaran-besaran pokok yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik secara berkelompok
mendiskusikan satuan Sistem Internasional untuk besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa
besaran turunan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan
penggunaan awalan-awalan satuan yang dibakukan dalam fisika yang disampaikan
oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menjelaskan kegunaan analisis
dimensi dan memberikan contoh dimensi dari beberapa besaran fisika. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik diminta untuk
menuliskan lima contoh analisis dimensi dari besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memeriksa penulisan analisis
dimensi dari besaran turunan yang dilakukan peserta didik apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.)
c.
Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan tugas rumah berupa
latihan soal. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
- Bagaimana cara mendapatkan hasil pengukuran yang tepat?
- Dapatkah kita megukur volume benda yang berbentuk tidak teratur?
·
Prasyarat pengetahuan:
- Apa yang dimaksud dengan pengukuran?
- Bagaimana cara mengetuhui volume benda yang berbentuk tidak teratur?
·
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang digunakan dalam pengukuran.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru membimbing peserta didik
dalam pembentukan kelompok. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan pengukuran secara langsung dan pengukuran secara tidak
lanngsung dalam fisika. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk mengambil mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru mempresentasikan
bagian-bagian mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dan menunjukkannya
kepada peserta didik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru meminta salah satu peserta
didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika
terdapat kesalahan langsung diberi umpan balik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru mendemontrasikan
langkah-langkah penggunaan alat ukur, pengukuran suatu objek, cara membaca
skala, menentukan nilai, dan membandingkan tingkat ketelitian dari hasil
pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru juga melakukan hal yang sama
terhadap alat ukur neraca dua lengan, dan stopwatch. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memeriksa kegiatan pengukuran
yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum.
Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menjelaskan pengukuran secara
tidak langsung untuk besaran panjang, massa, dan waktu. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan pengukuran besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai cara mengukur luas dan volume banda yang berbentuk teratur
dan tidak teratur. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan tugas rumah berupa
latihan soal. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Apa manfaat melakukan pengukuran
berulang?
-
Berapakah angka penting dari
bilangan 0,00005006?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apa yang harus dilakukan agar
pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin?
-
Bagaimana cara menentukan jumlah
angka penting?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Guru membimbing peserta didik
dalam pembentukan kelompok. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakpastian
dalam pengukuran. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai cara mengurangi kesalahan dalam pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk menyebutkan jenis-jenis ketidakpastian dalam pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan cara menentukan jumlah angka penting. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan contoh soal
mengenai cara menentukan jumlah angka penting. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menunjuk salah satu peserta
didik untuk menjawab soal mengenai menentukan jumlah angka penting di depan
kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan beberapa soal
mengenai cara menentukan jumlah angka penting untuk dikerjakan oleh peserta
didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru mengoreksi jawaban peserta
didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum
dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan cara pengolahan data dari hasil pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik dalam setiap
kelompok mendiskusikan perbedaan antara variabel bebas dan variabel terikat. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan contoh
pengolahan data dari hasil pengukuran tebal sehelai kertas dengan menggunakan
mikrometer sekrup yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan tugas rumah berupa
latihan soal. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis) halaman
1-52
b. Buku
Latihan Tuntas
c. Lembar kerja
d. Alat dan bahan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes unjuk kerja
- Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
- Uji petik kerja produk
- PG
- Uraian
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh uji petik kerja produk
Isilah
tabel berikut dengan mengamati skala pada beberapa alat-alat ukur panjang.
Tentukan nst serta ketidakpastiannya.
No
|
Alat ukur panjang
|
nst
|
Ketidakpastian
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
- Contoh tes PG
Pasangan besaran dan satuan yang berdasarkan satuan Sistem
Internasional adalah ....
a.
waktu, menit
b.
panjang, inci
c.
massa, kilogram
d.
suhu, celcius
e.
jumlah zat, candela
Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil
mungkin?
|
Tahai Jaya,
Juli 2015
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
-------------------------------
NIP.
|
Guru mata pelajaran
------------------------------------
NIP.
|